Monday, April 24, 2017

Review : Horizon Zero Dawn (PS4)

Setelah biasa2nya saya selalu telat mainin sebuah judul games karena kesibukan, akhirnya saya ngerasain juga mainin game yang masih banyak dicari orang. Yup, setelah berbulan2 galau milih antara upgrade PC atau beli console, akhirnya saya memutuskan untuk beli console aja. Pilihan saya jatuh ke PS4 karena pertimbangan game2 ekslusif-nya yang lebih menarik bagi saya ketimbang Xbox yang biasanya game2nya keluar juga di PC Windows.
Niat awalnya sih mau beli PS4 di pertengahan tahun ini, tapi setelah denger info tentang game Horizon Zero Dawn yang rilis di bulan Maret, saya jadi kebelet untuk buru2 beli PS4 saat itu juga. Buat saya godaan game yang merupakan game ekslusif PS4 ini lebih dahsyat daripada iklan sirop di bulan puasa. Gimana engga, game Horizon ini men-cover semua yang suka dari sebuah game. Game Action adventure dengan konsep open world, gameplay yang ga ngebosenin, dengan bonus grafik yang menarik. Bahkan beberapa situs games besar ngasih review yang positif dan skor yang lumayan tinggi. Bisa dibilang, game besutan Guerilla Games ini over expectation, terutama untuk ukuran seri game baru. Maklumlah, buat saya mengeluarkan uang sebesar Rp 650.000 untuk sebuah game bukan perkara mudah, saya harus memastikan kalau game yang mau saya beli ini bener2 worth it :D

Suasana dunia dalam game ini cukup menarik, kombinasi dari mesin2 berwujud hewan, manusia yang terbagi dalam beberapa tribe, dan gedung2 tinggi yang udah jadi reruntuhan. Semua itu bikin kita bertanya2, kenapa ada mesin2 canggih di tengah2 kehidupan manusia yang primitif. DI satu sisi mesin2 tersebut canggih sehingga memiliki pemikiran dan naluri masing2, tetapi di sisi lain manusia menggunakan tombak kayu dan panah untuk berburu dan mendewakan matahari dan benda2 peninggalan jaman dulu. Teka-teki inilah yang menjadi inti dari cerita dalam game ini, termasuk karakter yang akan kita mainkan yang ternyata menjadi salah satu kunci misteri tersebut.

Horizon Zero Dawn, dari playstation.com

Dalam game Horizon kita bermain sebagai Aloy, seorang anak perempuan yang ga diakui oleh sukunya karena ga punya ibu dan tumbuh sebagai outcast. Aloy diasuh oleh seorang outcast juga bernama Rost. Nah si om Rost inilah yang mengajarkan Aloy cara bertahan hidup diantara para mesin dan ngasih jalan untuk mencari tau tentang jati dirinya. Di awal game kita bakalan memainkan tokoh Aloy kecil sebagai tutorial sekaligus menceritakan latar belakang si Aloy. Setelah tahap tutorial ini barulah muncul cut scene yang ngeliatin perkembangan si neng Aloy sampai remaja. Setelah neng Aloy remaja inilah kita mulai permainan yang sebenarnya dimana kita bisa free roam di area yang udah di-unlock dan nyoba berbagai senjata yang unik. Untuk ceritanya sendiri, berawal dari Aloy yang mempertanyakan mengapa dia dijadikan outcast karena ga punya ibu, dan siapa ibunya sebenarnya. Niat awal Aloy yang mau mencari tau tentang jati dirinya, berkembang jadi lebih dalam dan luas, sampai berhbungan dengan pertanyaan kenapa ada mesin dimana2 dan kemana peradaban manusia sebelumnya. Bisa ditebak alur cerita berkembang karena tenyata Aloy ini emang bukan orang sembarangan. Cerita yang penuh teka-teki ini bikin kita menebak2 dan ngikutin setiap ceritanya.

Gameplay game Horizon sangat menarik. Untuk yang suka dengan gaya permainan stealth kaya saya, kita beneran dimanjakan dengan fitur2nya. Selain panah dan tombak sebagai senjata utama, kita juga bisa bermain strategi dengan memasang berbagai jenis trap, sembunyi di rerumputan ataupun manjat2 ke tempat tinggi untuk melancarkan silent attack. Sudut pandang game ini adalah third person, dan mungkin buat yang pernah main Assassin Creed bisa ngerasain sedikit aroma2 gaya bermain stealth-nya. Game ini mapnya ga terlalu besar dan cerita utamanya juga ga terlalu panjang. Untuk ngejalanin semua misi dan sampai dapetin trophy platinum, saya hanya butuh waktu sekitar 60 jam aja. Untungnya misi2 dalam game ini bagi saya ga membosankan, make every second worth it :D

Gameplay Horizon Zero Dawn

Dari segi grafis, game ini oke banget. Saya sendiri sebenernya tipe yang lebih mementingkan gameplay dan cerita, tapi dapat game dengan grafis bagus jadi bonus besar buat saya. Grafisnya mengagumkan karena grafis dalam cut scene hampir sama bagusnya dengan grafis dalam gamenya. Apalagi game ini disiapkan untuk memaksimalkan fitur di PS4 pro, bisa dibayangin gambarnya bakalan mulus dan tajam, walaupun spec TV juga ada pengaruhnya. Saya juga kagum dengan detail gamenya, kaya rumput dan rambut karakter yang melambai per helai sesuai arah angin, dan baju yang dipake juga melambai sesuai dengan gerakan karakternya. Saya pribadi suka banget sama detail dalam cut scene. Dalam cut scene karakter kita akan muncul menggunakan baju yang sesuai dengan baju yang sedang kita pakaikan saat itu. Untuk background-nya pun menyesuaikan dengan keadaan saat itu, misalnya kalau saya lagi "parkir" tunggangan saya, ya dia bakalan kebawa sebagai background pas cut scene itu. Keren :D 

Trailer Horizon Zero Dawn

Sayangnya, sama kaya manusia, ga ada game yang sempurna. Bagi saya dan yang pasti bagi para pemain yang punya kecenderungan OCD mungkin bakalan rada terganggu sama final-nya. Tapi selain dari itu game ini oke banget untuk saya, saya juga ga nemu bug atau glitch yang berarti sih. Saya berani deh merekomendasikan game ini buat temen2 yang punya PS4. Tapi saya tetep mneyarankan nonton dulu sedikit bocoran gameplay-nya di Youtube an cari2 info sebelum beli, karena gimanapun juga semua balik ke selera masing2. 

Selamat bermain :)


2 comments:

  1. aakkk mau maen ke rumah!! mau nyobain PS4nya!! kemaren2 juga kepikiran nih beli PS4, tapi kalau aku sih lebih receh lagi alesannya, soalnya pengen nyobain maen Crash Bandicoot =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...tenang aja, ga ada game yg recehan, semua balik ke preferensi masing2.. apalagi utk crash bandicot, harganya sama sekali bukan receh :p
      Ga rugi ko beli ps4...kelebihan console itu seru buat main bareng kl ada temen datang. Ga ada temen jg bisa online :D
      Main dong sekali2 ke rumah, kl blm dikunjungi km rasanya ga afdol tinggal disini :))

      Delete