Friday, March 25, 2016

Makan Apa di Batu Kajang?

Sejak pertama ke Batu Kajang saya ga perlu khawatir ga dapat makan, soalnya dari perusahaan disediain makan 3x sehari, 4 sehat 5 sempurna. Iya, termasuk susu juga dikasih. Masalahnya adalah suka atau ga sama makanannya, apalagi saya lumayan pilih2 kalau soal makanan. Kalaupun suka sama makanannya, berikutnya adalah bosen atau ga. Suka sih suka, variatif sih iya, 1 - 2 tahun pertama sih masih oke, tapi kalau seumur hidup makannya itu-itu lagi dari koki itu-itu lagi, ya lama2 bosen juga. Paling ngga 3 minggu sekali kita pasti ketemu menu yang sama, dengan bahan dasar olahan yang itu-itu aja. Jadilah "jajan" diluar adalah alternatif yang bisa diperhitungkan. Selain itu ga afdol juga sih kalau lama tinggal disana tapi ga pernah nyicipin makanannya atau nyoba makan di rumah makan di sekitar sana :D
Pertama datang saya langsung menyadari kalau rica-rica jadi primadona disana. Hampir setiap acara yang ada makan2nya, menunya pasti ada rica-rica, baik rica-rica ayam ataupun rica-rica bebek. Sebenernya ada juga sih rica-rica babi, tapi lebih jarang karena banyak umat Muslim yang ga bisa makan babi. Rica-rica disini menurut saya pedas2, lebih pedas dibandingkan rica-rica yang pernah saya makan sebelumnya di pulau Jawa. Kadang saking pedasnya saya makan sambil nangis dengan lidah mati rasa. Lama2 saya mulai biasa sama pedasnya dan bisa menikmati rasanya yang sedap. Ga cuma di acara hajatan aja, makan2 di kantor pun didominasi rica-rica. Selain rica-rica, menu yang banyak muncul dalam acara makan2 adalah soto banjar dan buras yang mirip lontong bersantan. Cuma mungkin karena ribet berkuah, jadi acara makan2 di kantor jarang sih pake soto. Bisa jadi menu2 ini dibawa sama pendatang pekerja tambang yang banyak orang Sulawesi, dan beberapa makanan yang mirip khas Banjar ya karena lokasinya emang "dekat" sama Banjar.

Untuk rumah makannya, waktu pertama saya datang kesana, yang terkenal adalah RM Tumaritis atau yang terkenal dengan sebutan warung Cepot karena ada patung Cepot di depannya. Disini menunya makanan Sunda. Yah, balik lagi dong saya makan makanan Sunda. Sebenarnya sih menurut saya ya ga nyunda2 banget, tapi lumayan kalau kangen sama masakan kampung halaman. Makan disini tergolong mahal harganya, jadi kalau makan disini kesannya gaya gitu. Sayangnya sekitar tahun 2013 - 2014 rumah makan ini tutup. Konon katanya sih karena managemennnya yang berantakan, but who knows?
Era Tumaritis selesai, tempat makanan yang booming di kalangan saya dan teman2 kantor adalah Rica-rica Maknyak. Disini bumbu rica-ricanya dipisah jadi lebih mirip sambal rica-rica yang porsinya gede. Rasanya beneran maknyus. Saya tau tempat makan ini dari teman2 dari departemen lain yang emang anak2nya hobi nongkrong. Enaknya lagi, rica-rica Maknyak ini juga bisa delivery sampai depan kamar walaupun cuma pesan 1 porsi! Sip, cocok buat yang lagi off dan pengen makan enak tapi males keluar mess :D . Biarpun pesen 1 porsi juga dilayani, tapi kadang saya ga tega aja sih si mas2nya udah jauh2 dan panas2an saya cuma pesan seharga Rp. 20.000, akhrnya saya sering pesan 2 porsi plus tempe penyetnya yang enak banget #kalap. Menu favorit saya adalah kombinasi ayam bakar rica-rica, bebek goreng rica-rica, dan tempe penyet. Favorit banget :D . Sayangnya awal tahun 2015 rumah makan idola ini tutup juga. Katanya karena yang punya tempat ga mau perpanjang kontraknya dan masalah pergantian managemen.

Lah, dari tadi yang diceritain yang udah tutup melulu, trus yang masih buka apa dong? Selain 2 rumah makan itu, masih banyak ko rumah makan lain di Batu Kajang ini. Disini banyak juga menu2 lamongan yang enak. Menu olahan ayam, bebek, dan kesukaan saya, ikan nila goreng plus sambal lamongan. Favorit saya untuk lamongan ini ada di Bebek Bencong. Saya gataulah ini nama bebek bencong beneran nama rumah makannya atau sebutan orang2 aja karena yang jualannya cowo kemayu :| . Saya paling senang makan disini ikan nila goreng dengan sambal lamongan. Ikan nilanya sih sebenernya ga pake bumbu aneh2, cuma karena ikannya segar jadi berasa nikmat aja dimakan sama nasi panas. Di menu ini kita dikasih terong goreng juga, cuma karena saya ga suka jadi selalu saya kasih teman. Setiap makan disini saya selalu beli 2 porsi, satu posi makan ditempat, satu porsi lagi dibungkus untuk dimakan di kamar malamnya. Tapi saya gengsi dong kalau orang2 tau saya makan 2 porsi jadi pura2nya satu lagi titipan teman sekamar. Hahah... Menu lamongan ini sebenarnya ada juga di Tenda Biru di jalan arah Sembuting. Cuma saya jarang kesini karena jaraknya lebih jauh dari mess dan aksesnya lebih susah. Tapi kalaupun memutuskan kesini perjuangan saya ga akan sia2 karena enaknya di Tenda Biru ini ngumpul juga pedagang lain seperti mamang bakso dan es campur yang rasanya masuk untuk lidah dan perut saya, apalagi kalau gratis #kode :D
Di seberang bebek bencong ada juga tempat makan yang menurut saya sea food-nya yang enak. Namanya Warung Mami, padahal yang jualan cowo... tapi banci. Saya baru tau warung mami ini setelah dibawain makanan sama si teteh yang di postingan kemarin bersihin kamar mandi sampai jam 2 subuh...Hehe.. Biasanya saya kesana cuma untuk beli udang goreng tepung & cumi goreng tepungnya. saosnya bisa pilih, ada saos asam manis, saos lada hitam, dsb. So far menurut saya semuanya enak, cumi & udangnya juga segar. Walaupun cumi goreng tepungnya ga ada yang ngalahin Sushi Tei, tapi ya disini mana ada Sushi Tei, jadi di warung mami ini lumayanlah untuk ukuran "desa kecil" di Kalimantan Timur.

Selain menu lamongan dan seafood ada juga menu mie-mie-an seperti Mie Ayam Ijo. Khasnya disini adalah mie sayur yang warna mie-nya hijau karena dikasih ekstrak sayuran, dan mie mangkok, dimana mie ayam disajikan bukan diatas mangkuk, tapi diatas pangsit yang besar dan bentuknya seperti mangkuk. Buat yang ga mau aneh2, ada juga ko mie ayam biasa dengan mie kuning. Selain mie ayam ijo, di sepanjang Jl. Batu Kajang ini ada juga Mie Ayam Ungu yang menurut saya masih kalah rasanya dari mie ayam ijo. Mie ayam ijo yang baru buka selepas Maghrib ini lumayan populer di Batu Kajang karena sering penuh. Saya inget pertama kesini tempatnya masih kecil sampai sekarang udah lumayan besar dan banyak tempat duduknya. Untuk mie ayam ada juga mie ayam yang enak di daerah Gunung Dap, Mariga, yang jadi langganan sebelum ada mie ayam ijo. Sayangnya sejak ada mie ayam ijo, hati saya mulai berpaling :p . Selain mie ayam ini, ada juga Mie Gili dengan bangunannya kayu bercat biru yang eye-catching. Disini sebenarnya lebih ke chinese food, tapi kalau liat namanya, harusnya sih mie-nya yang jadi andalan, tapi setiap kesini saya selalu beli nasi goreng sosis yang jadi andalan saya. Sebenernya sih menu lainnya enak juga, kaya cumi goreng tepung, mie-mie-annya, kangkung, dll. Cuma kebetulan aja saya suka banget sosis dan nasi goreng, jadilah kombinasi yang pas untuk makanan yang rasanya ga pernah salah :D . Ada juga Rumah Makan Wonogiri  yang letaknya depan bank BNI. Disitu ada mie ayamnya juga, dan pilihan menu lain kaya nasi goreng, ikan, ayam, bebek, dan lain2. Banyak bos2 tambang yang makan disini, jadi lumayan bergengsilah. Untuk harga saya kurang tau karena setiap kesini saya selalu ditraktir :p 

Untuk makanan berkuah-kuah hampir bertebaran di sepanjang jalan Batu Kajang. Ada tongseng yang saya ga pernah tau nama rumah makannya di daerah gunung dap. Rasanya lumayan juga, tapi emang dasarnya saya ga terlalu suka tongseng jadi saya hanya 2x aja kesini, itupun dibayarin :D . Menunya ada tongseng kambing dan tongseng sapi. Menurut saya sih porsi dagingnya sedikit, banyakan kuah dan sayurnya. Selain itu ada juga menu sop buntut di Rumah Makan Dua Saudara. Rasanya oke, sayangnya entah kenapa setiap saya turun dari mess ke jalan Batu Kajang, rumah makan ini lebih sering tutup daripada bukanya, mungkin saya kurang beruntung. Saya pertama kali makan disini ditraktir bos saya yang udah mutasi ke HO atau Head Office. Entah karena rasanya emang enak banget atau karena dibayarin jadi gratis, yang pasti saya sangat menikmati makan disini... Hehehe... Kemudian ada juga yang terkenal di Batu Kajang, khususnya di kalangan cowo2 adalah Soto Halimah. Sebenarnya soto yang dijual di gerobak depan kantor kecamatan Batu Kajang ini menurut saya enak, apalagi kalau dicampur sama sate atau sayap ayamnya, mantap! Tapi ternyata untuk cowo2 ngomongin yang ngejualnya lebih menarik daripada ngomongin dijualnya. Yang jualnya ini seorang ibu sama anak perempuannya yang masih muda. Bisa dibilang anak perempuannya yang berwajah manis ini jadi salah satu primadona disini. Selain soto, ada juga loh yang Rumah Makan Coto Makasar di depan klinik athirah dekat jembatan (terakhir sih udah pindah ke dekat mie ayam ijo) rasanya biasa aja sih, tapi mahal bo, makan berdua aja bisa abis Rp 60.000, selain emang harga di Batu Kajang (dan Kalimantan umumnya) lebih mahal2 dibandingkan harga2 di Jawa.

Nyebut2 sate rasanya ga afdol kalau ga nyebut nama rumah makan yang nyediaiin sate disini. Dulu ada Sate Borneo yang cukup terkenal di daerah gunung dap. Sayangnya rumah makan tersebut udah ga jualan lagi. Katanya sih ada konflik managemen. Halah, banyak banget rumah makan disini yang udah sukses bubar jalan gara2 konflik managemen. Yang masih bertahan adalah Sate Pojok. Sesuai namanya, rumah makan ini ada di pojokan Batu Kajang, persis ujung jalan Batu Kajang yang ramai, ke arah Gunung Rambutan, dekat Measjid Agung As-Salam. DIsini jual  menu standar rumah makan sate, ada sate ayam dan sate kambing, dengan pilihan bumbu kacang atau kecap-lombok (cabai / cengek), dan juga gulai kambing, bisa pakai nasi atau lontong. Yang jadi primadona udah pasti menu kambingnya, karena ga semua tukang sate nyediaiin men kambing. Tempat makannya juga enak, modelnya duduk prasmanan dengan lepas alas kaki sebelum masuk rumah makan. Tips dari saya kalau ke sini cuma satu, jangan numpang buang air disini, kalau kebelet mending cepet2 pulang atau nyebrang ke mesjid deh. Hihihi...

Masih kurang? Tenang, masih banyak alternatif lainnya ko. Di depan mess aja masih ada yang jual makanan. Ada "kafe" yang jual berbagai mie instan dan nasi goreng, ada mamang2 gerobak yang jual aneka lauk dan kue2 ataupun pentol. Favorit saya beli usus yang berbuah asam urat:)) dan pentol telur yang sekali beli bisa 2 porsi. Sepanjang Batu Kajang aja ada 4 penjual martabak, dan warung2 tenda. Kalau dari mess males turun jauh2 ke Batu Kajang, cukup sampai simpang Kideco udah ada nasi kucing, ayam goreng tepung, Rumah Makan Sambel Mercon, martabak, pempek yang tutup sepanjang bulan puasa, nasi goreng, kwetiau, Toko Roti Yahzeel daerah Mariga), bakso Malang yang udah lama ga buka. Jalan dikit ke arah klinik Kusuma udah banyak yang jualan cemilan kaya tahu Sumedang, Kuch-Kuch Hotahu, aneka jus dan minuman, Burger Edam, Twister & spaghetti ala Batu Kajang, menoan dan gorengan... Dan masih banyak lagi yang saking banyaknya bakalan kelewat untuk saya sebutin. Masih kurang juga? Setiap malam Jumat ada yang disebut Malam Pasar, dimana banyak makanan dan jajanan yang bisa kita temuin disini selain barang2 yang lagi happening kaya batu akik, bahkan tukang ikan keliling juga ada. Saya sih paling suka beli singkongnya, ada yang keripik, ada juga yang diiris kecil2 sebelum digoreng. Cukup Rp 5.000 aja dapatnya udah sekantong plastik. Saya kalau kalap bisa beli sampai Rp 20.000 yang cukup untuk persediaan cemilan selama 1 - 2 minggu :D  

Itu yang makan diluar. Dasyatnya ada juga sumber makanan dari dalam, dari teman2 sekantor yang emang asli orang Batu Kajang dan ga tinggal di mess. Termasuk admin saya yang sekarang udah jadi foreman, yang hobi masak di rumah trus dibekal ke kantor. Dari dia juga saya kenal makanan sayur tongkol (bukan ikan loh ya), cempedak & mandai, humbut riwa (disini saya baru tau kalau rotan bisa dimakan juga)Saking berbaktinya dia sama atasannya, bahkan saya yang males ngupas buah juga suka dia kupasin jadi saya tinggal makan. 
Jadi, kata siapa hidup di pedalaman itu sengsara? Walaupun jauh dari kota besar, tapi Batu Kajang yang ditinggali ribuan pekerja tambang ini selain bikin usaha kuliner lokal makin maju, juga sukses menaikkan berat badan saya sampai 19 kg hanya dalam jangka waktu 1 tahun pertama. Untungnya tahun kedua dan seterusnya saya mulai insyaf dan berhenti makan membabi buta.

Jalan di Batu Kajang yang udah rame - Google


4 comments:

  1. sukses laper baca postingannya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...Iya...Kalau ke Kaltim harus nyoba makanannya yang aneh2 itu :D

      Delete
  2. nasi kucing atau nasi kuning mbak?
    oh ya, ngeliat foto diatas jadi kangen ama batu kajang maklum 5 tahun ninggalin batu kajang pindah ke kalsel...batu kajang dah jadi kota yah?:D

    oh ya kemarin tahun 2014 saya juga ke batu kajang mbak, banyak toko dvd yg buka dipinggir jalan,dengan begini nggak susah2 lagi ke pasar nyari kaset dvd hehe

    btw jumlah restoran di batu kajang sekarang berapa sih mbak? boleh tau nggak? harga makanannya murah2 gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi kucing, biasa ada di angkringan2 gitu. Saya juga udah setahunan nih pindah dari Batu Kajang. Terakhir saya disana emang udah rame banget, dan udah banyak hiburannya.
      Terakhir saya di sana sih harga2 di tempat makan rata2 sekitar 20ribu sampai 30ribu plus minum. Tapi saya ga pernah ngitung juga sih berapa jumlah restoran disana :p
      Mungkin kalau teman2 yang masih di Batu Kajang bisa update suasana disana sekarang kaya gimana..
      Anyway, terima kasih ya udah mampir ke blog saya ;)

      Delete