Tuesday, August 30, 2016

Main Game LAN di Laptop Dengan Windows 8 / 10

Waktu pertama kali saya beli laptop baru dengan OS Window 8, saya langsung ga sabar pengen cepat2 pulang trus main game Left for Dead 2 nge-LAN (Local Area Network) sama pasangan saya. Malah bisa dibilang alasan utama saya nabung beli laptop emang untuk main game, soalnya kalau untuk kerja kan udah dapat komputer dari kantor. Saya yang dari toko udah semangat '45 langsung copy game dari harddisk external ke laptop saya & pasangan saya. Setelah dites, game di masing2 laptop udah jalan. Tapi namanya seri Left for Dead mana seru kalau dimainin masing2, jadilah saya nyoba untuk nyambungin 2 laptop ini dengan koneksi LAN melalui sinyal wi-fi
Saya yang sebelumnya familiar sama Windows 7 pede aja langsung nyoba untuk bikin jaringan LAN. Ternyata untuk windows 8 ini selain tampilan atau user interface yang beda, juga ada sedikit beda settingan. Kalau di Windows 7 untuk bikin koneksi LAN cukup gampang karena udah ada menu settingannya di Control Panel. Kita tinggal buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Dari sini kita tinggal klik SetUp New Connection or Network > SetUp Wireless adhoc (computer to computer) network. Udah deh, disini tinggal diisi pengaturannya.Sedangkan di Windows 8 ini pas buka SetUp New Connection or Network saya malah ga nemuin pilihan untuk SetUp Wireless Adhoc. Nah lo..

Saya yang udah ngebet banget pengen nikah main game merasa ga terima dengan kegagalan saya. Akhirnya saya coba2 sambil browsing2 gimana cara ngakalin untuk bikin koneksi LAN di Windows 8. pokonya gimanapun caranya supaya saya bisa menjalin kebersamaan dengan pasangan saya...di dalam game... Pasangan saya udah mewanti2 supaya laptopnya yang udah saya sandera dari sore jangan dijadiin kelinci percobaan. Dia ga ikhlas kalau Windows-nya yang dibeli dengan tabungan seumur hidup error begitu saja. Terpaksalah laptop saya yang baru berumur 2 jam dari toko langsung dijadiin bahan praktikum. Saya sih santai aja kalau Windows saya error, yang penting DVD Windowsnya masih ada. Lagipula kalau OS nya original malah lebih tenang karena kalau ada apa2 tinggal di-recovery aja :p .
Waktu itu masih jarang ada yang bahas untuk jaringan LAN di Windows 8 karena memang Windows seri ini belum lama rilis. Kalaupun ada yang bahas panjang lebar, saya harus pegang kamus karena yang bahas masih banyaknya di forum luar. Tapi dari sini saya jadi tau kalau fitur LAN wireless di Windows 8 ini masih bisa dipakai ko, cuma emang harus disetting manual. Akhirnya setelah entah-berapa-jam browsing2 dan ngotak-ngatik, saya berhasil juga bikin koneksi LAN melalui Command Prompt (CMD). Caranya adalah sebagai berikut :

Membuat Jaringan LAN (Wireless) di Windows 8 / 10 :

1. Buka CMD > klik kanan > Run as Administrator



2. Untuk bikin jaringan, ketik : 
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namajaringan key=password > Enter



Notes : ssid itu untuk id/username, key itu untuk password. Contoh diatas menggunakan tinytuna sebagai id/username, dan adventure123 sebagai password. Bisa diisi sesuka hati, asal diinget2 supaya laptop/PC lain bisa connect

3. Untuk memulai jaringan, ketik :
netsh wlan start hostednetwork > Enter



4. Setelah itu di laptop lain bakalan muncul di pilihan wi-fi untuk id/username yang udah kita bikin. Tinggal klik, masukin password, trus connect deh. Kalau pakai contoh diatas, di pilihan untuk wi-fi bakalan muncul pilihan jaringan dengan nama tinytuna.

5. Kalau udah selesai, untuk menghentikkan jaringan, ketik :
netsh wlan stop hostednetwork > Enter



6. Close CMD
Untuk berikut2nya kalau laptopnya pernah di-connect dan masih nyimpen password-nya, kalau mau disambungin lagi ga perlu mulai dari awal, cukup mulai dari langkah nomor 3 ;)


Mengecek Support Adhoc

Kalau misalnya penasaran nih apakah laptop kita support untuk bikin jaringan LAN Adhoc, bisa dengan mengetik :
netsh wlan show drivers > Enter (kalau support akan tertulis "Yes")




Begitulah cara bikin jaringan LAN di laptop untuk Windows 8. Awalnya saya belajar waktu saya pertama pakai Windows 8. Pas kemarin dapat tawaran untuk free update ke Windows 10, ternyata saya masih belum menemukan settingan Adhoc LAN kaya di Windows 7, jadi saya pakai cara yang sama kaya di Windows 8.
Kalau sekarang teman2 browsing, saya yakin udah banyak nemuin tutorial kaya gini. Saya posting karena inget sama kejadian waktu saya baru beli laptop ini. Selain itu juga karena kemarin ada temen saya yang nanya caranya bikin jaringan LAN di laptopnya yang pakai Windows 8, dan saya bilang jawabannya bakalan diposting di blog saya. Lumayan kan, sekalian promosi :p

No comments:

Post a Comment