Saturday, May 14, 2016

Takdir oh Takdir...

Waktu jaman sekolah saya sering dengar istilah dalam bahasan Sunda "Dipoyok bari dilebok" yang artinya dihina tapi ujung2nya dinikmati juga. Selama ini kita pasti pernah ngalamin keadaan dimana awalnya kita ngejek2 sesuatu, tapi entah kenapa lama2 kita malah jadi suka dan menikmatinya. Contoh paling gampang adalah film atau lagu. Saya masih inget dulu jaman2nya orang2 menghina kangen band tapi ujung2nya hafal lagu2nya diluar kepala, entah karena sebenarnya doyan atau emang lagunya aja yang catchy. Atau dulu menghina film meteor garden yang katanya lebay tapi ujung2nya malah ngikutin ceritanya sampai tamat, atau bahkan sampai bela2in beli posternya segala.

Jadi ceritanya nasib saya ini juga bermula dari hal yang saya hindari banget waktu jaman masih remaja. Saya yang lumayan laku ini *iyain aja* paling ga mau pacaran sama orang Jawa. Stereotype orang Jawa di pikiran saya waktu itu adalah terlalu halus dan lembek, kebalikan banget dari tipe cowo idaman saya. Dari SMP sampai kuliah saya selalu dekat atau pacaran sama orang Sunda, atau paling banter orang Jakarta. Tapi Tuhan itu Maha Segalanya, termasuk Maha Bercanda. Saya yang paling males punya hubungan khusus sama orang Jawa, sejak kerja justru dekatnya sama orang Jawa, malahan sampai sekarang :|

Yang pertama waktu saya masih training, ini dobel2 bercandanya, saya yang paling ga mau sama orang Jawa malah deketnya sama orang Jawa, tepatnya Kudus yang halusnya sehalus2nya orang Jawa. Selain itu umurnya yang 2 tahun lebih muda bikin saya harus menjilat ludah sendiri karena pernah berikrar ga mau sama orang yang lebih muda dari saya.
Setelah hubungan itu ga bertahan lama dan bubar sebelum jalan, saya dekat lagi sama orang lain, lagi2 sama orang Jawa. Cuma kali ini saya dapatnya orang Jawa Timur kelahiran Madura yang cenderung lebih keras. Untungnya lagi pasangan saya kali ini lebih tua 3 tahun, jadi masih sah kalau saya mau bermanja2an :D . Hubungan saya bahkan masih bertahan dengan baik sampai sekarang :)

Selain pasangan, saya juga kena karma untuk teman hidup saya, Oddie dan Sweety, kucing exotic shorthair & persia saya. Saya dari dulu paling ga suka dan paling hobi menghina2 kucing hidup pesek, karena menurut saya mukanya yang demek ga ada lucu2nya dan terkesan jahat. Tapi lagi2 saya dipermainkan takdir. Saya dikasih kucing jenis exotic shorthair yang mukanya pesek banget. Kombinasi muka bloon dan tingkahnya yang bikin rumah saya lebih hidup malah bikin saya jadi jatuh cinta sama jenis ini. Kucing persia saya malah manja dan nempel banget sama saya. Nah lo!

Sejak saat itu saya jadi berusaha lebih hati2 kalau sebel atau ga suka sama suatu hal, jangan terlalu semangat menghina2nya, bisa jadi nantinya nasib berkata lain. Saya juga pernah dinasehatin sama teman sebangku saya waktu SMA, kalau sebel sama sesuatu atau seseorang jangan berlebihan, nanti ujung2nya jadi suka. Ya bener juga sih. Bisa jadi kita ga suka atau menghina karena belum benar2 kenal. Bisa jadi kita menghina suatu lagu karena penampilan penyanyinya yang norak tanpa pernah dengar lagu2nya (padahal kalau udah dengar lagunya ya enak juga). Mending kalau cuma lagu atau penyanyi, lah kalau pasangan hidup!? Jadi kesimpulannya, don't judge too quickly :)

No comments:

Post a Comment