Tuesday, May 24, 2016

Bromo (Part 1)

Bulan Juni 2013 saya dan teman2 sesama HR dari jobsite lain janjian untuk cuti bareng dan jalan2 ke Bromo. Kami yang sering ribut di e-mail masalah mutasi karyawan dan sebagainya pengen berdamai dan liburan bareng. Sayangnya sampai saat yang ditentukan cuma berempat aja yang jadwal cutinya pas (dan bisa di-pas2-in :p ), yaitu saya, Bang Taat, Adhi, dan Firdi.
Akhirnya pada hari yang ditentukan kami janjian di Jogja. Dari kami berempat, cuma saya sendiri yang terbang langsung dari Kalimantan. Otomatis saya cuma bawa baju hangat seadanya karena emang ga banyak baju yang saya bawa ke jobsite. Sementara teman2 yang lain yang udah cuti duluan, udah pulang ke rumah dan prepare barang2 yang diperlukan, termasuk baju hangat yang proper.

Saya sampai di Jogja sore menjelang malam, langsung meluncur ke tempat janjian di Malioboro. Sambil nunggu yang lain saya ditraktir makan di KFC sama Bang Taat. Maklumlah saya waktu itu udah 3 bulan di jobsite yang sehari2nya makan menu 4 sehat 5 sempurna jadi kangen dengan junk food. Selain KFC saya juga sempat ditraktir wedang ronde sama Adhi. Mungkin karena saya cewe sendiri dan paling unyu dibandingkan abang2 ini, jadi diistimewakan :D
Setelah semua kumpul, ternyata ada sedikit kendala untuk keberangkatannya. Kami yang awalnya berencana naik kereta ke Malang atau Probolinggo, ternyata ga dapat tiket sehingga harus mencari jalan lain menuju Bromo. Setelah ketiga teman saya cari2 info dan berdiskusi, diputuskan kami akan ikut tour. Sebagai anggota paling cantik di grup ini saya ngasih privilege ke diri sendiri untuk duduk manis dan ngikut aja rencana yang dibuat, selain emang males mikir juga sih...Hehehe.. Maklumlah, saya kan baru menempuh perjalanan dari jobsite sejak jam 5 subuh, jadi rasanya badan & otak saya udah kedap kedip karena low power.

Karena travel agent yang kami pilih baru berangkat pagi hari, kami memutuskan untuk keliling cari hotel/penginapan. Awalnya kami cari hotel di sekitar Malioboro, lewat aplikasi agoda ataupun datang langsung. Maksudnya biar dekat ke tempat travel agent-nya untuk besok pagi. Sayangnya beberapa hotel udah penuh, kalaupun ada kamar kosong, rata2 hanya sisa satu kamar aja. Setelah 2 jam luntang lantung akhirnya kami dapat penginapan yang bagus, bersih, dan yang paling penting ada kamar kosong yang bisa menampung kami semua. Tanpa ba-bi-bu langsung kami booking 2 kamar. Setelah urusan kamar aman terkendali, Adhi mulai ga tega liat saya ke Bromo cuma bermodalkan sweater. Dia yang dulu kuliah di Jogja ngehubungin teman2nya untuk pinjam jaket tebal. Akhirnya malam2, gerimis2, naik motor pula, dia dapat pinjaman jaket untuk saya. Emang seharusnya gini nih kalau yang namanya teman :D

Paginya setelah sarapan kami meluncur ke tempat travel agent yang udah disepakati sebelumnya. Sayang saya lupa nama travel agent-nya. Lokasinya ada di salah satu gang di Jl. Malioboro. Harga paketnya sekitar Rp 320.000/orang dengan fasilitas : PP Jogja - Bromo dengan mobil travel, penginapan satu malam di Bromo + sarapan, dan tiket masuk ke Bromo. Karena dadakan, jadinya ga sempat lagi untuk cari perbandingan travel agent lain. Kami cuma bisa berdoa semoga mobil travelnya sesuai sama yang dijanjikan. Awalnya sempat ragu juga dengan travel agent ini, tapi akhirnya ngeliat calon penumpangnya yang berdatangan satu persatu, bikin kami cukup optimis untuk ikut tour grup ini dengan nyaman dan no tipu2 :)
Sambil nunggu waktu keberangkatan, kami cari cemilan dan hiburan untuk di jalan. Maklumlah jarak tempuh Jogja - Bromo pakai mobil bisa sekitar 10-12 jam, jadi kita antisipasi biar ga mati gaya di jalan. Setelah beli cemilan, air minum, dan kartu remi, kami balik ke titik keberangkatan. Ga lama kemudian mobil jemputan datang, sebuah mobilnya sejenis L-300. Untungnya dalemnya mobil ini lumayan enak, pengaturan tempat duduknya cukup lega dimana satu baris cuma diisi 3 orang, dan AC yang berfungsi baik walaupun ga dingin2 banget2. Disini saya mulai tenang, apalagi awalnya saya sempat ngebayangin L-300 - nya angkot melarat jurusan Semayang (Balikpapan) - Batu Kajang yang satu barisnya bisa diisi 5 orang plus AC yang cuma jadi pajangan aja.

Sepanjang perjalanan saya duduk di paling belakang diantara teman saya yang bernama Firdi dan seorang cewe bule. Di awal perjalanan kami masih semangat ngobrol sambil ngemil, mulai dari gosip di masing2 jobsite dan head office, sampai pertanyaan retorik untuk sekedar basa-basi. Hihihi...Jangan salah loh, biar ngobrolnya sama cowo2, mereka ini ngegosipnya kenceng banget. Mungkin obrolan paling macho di perjalanan itu adalah pas bahas soal kamera :p . Namanya perjalanan panjang, pasti akhirnya bosan juga, dan akhirnya satu persatu dari kami mulai ketiduran. 
Sampai di Probolingga, kami sempat "transit" di kantor si travelnya. Disini kami turun untuk ganti kendaraan sambil briefing untuk petunjuk selanjutnya, mulai dari penginapan, informasi sarapan, keberangkatan ke Bromo dari penginapan (bisa ditempuh dengan jalan kaki atau sewa jeep), sampai penjemputan dari peginapan keesokan harinya. Kami yang berjiwa muda dan malas lebih milih untuk sewa jeep aja. Apalagi 2 teman saya bawa kamera yang lensanya lebih besar dari kameranya, lengkap sama tetek bengeknya termasuk tripod. Untuk sewa jeep ini kita harus tambah biaya Rp 100.000/orang dengan kapasita 1 jeep maksimal 6 penumpang, atau bisa juga sewa 1 jeep dengan tambahan cuma Rp 60.000 udah untuk berempat. Enaknya kalau sewa 1 jeep sendiri kami ga digabung sama peserta lain, jadi bisa lebih bebas jalan2 pakai jeep-nya.
Kelar urusan administrasi, mobil sambungan-pun datang, langsung kami naik dengan posisi duduk sama dengan sebelumnya

Di perjalanan ini kami mulai bosan tidur. Sambil liat2 pemandangan, saya ditantang Firdi untuk ngajak kenalan cewe bule yang duduk di samping saya. Bule berambut pirang ini pakai pants dan tank top, badannya kurus dan tinggi. Setelah basa-basi ternyata bule asal Australia ini masih Junior High School, dan berlibur bareng ortunya yang duduk di baris kedua dari depan. Yaelah, padahal mukanya udah kaya orang dewasa tapi ternyata masih di bawah umur, bareng keluarganya pula. Hehehe.... Gagal total deh rencana Firdi untuk ngajak bule ini jalan bareng :'D
Menjelang malam mobil yang kami tumpangi akhirnya sampai di penginapan Yoschi. Penginapan dengan nuansa etnik dan bambu ini menurut saya sih serem-serem-cozy. Serem karena penginapan ini kalau malam agak sepi, dengan jarak kamar ke resepsionis yang agak jauh, dan kita harus ngelewatin taman yang agak remang2. Di sisi lain, nuansa lantai/dinding dengan kombinasi keramik warna-warni, dinding bambu, dan furniture yang rumahan banget, menyumbang untuk sisi cozy-nya. Disini kami berempat dapat 2 kamar twin bed. 


Kamar tidur & kamar mandi, dari website

Selesai nyimpen barang di kamar, kami menuju restorannya yang juga bernuansa bambu. Kami makan sambil dihibur oleh grup yang memainkan alat musik tradisional dan sepasang bule yang asik menari. Kalau diperhatiin di penginapan ini isinya bule2, malah mungkin cuma kami aja orang Indonesia-nya. Selesai makan dan foto2, kami berempat memutuskan untuk main kartu di kamar sambil nunggu ngantuk. Perjalanan yang cukup panjang dari Jogja bikin kami puas tidur, jadinya sekarang mata melek semelek2nya. Kami main kartu sambil foto2 dengan berbagai pose dan nyoba beberapa efek. Seperti biasa, saya dengan senang hati jadi objek kamera teman2. Hasilnya bagus2 sih, apalagi hawa dingin bikin kulit saya keliatan lebih mulus :p . Sialnya setelah pulang dari Bromo ini saya baru sadar SEMUA foto2 saya pas lagi main kartu ini ada upil ngegantung di hidung dan cabe nyangkut di gigi. Padahal sepanjang malam saya ketawa lebar terus2an T^T . Huhuhu... Jahat banget sih teman2 saya ini ga ada yang ngasih tau T__T

Setelah puas main kartu kami istirahat di kamar masing2 karena kami harus bangun pagi banget. Kalau mau lihat sunrise di Bromo, kami harus udah siap jam setengah 4 subuh. Duh, males banget ga sih... Mau liburan aja bangun paginya ngalahin hari kerja :| . Tapi biar males ya harus dibela2in, soalnya kapan lagi bisa liat sunrise di Bromo ;) 


Suasana restoran, hiburan musik (kiri) dan hiasan di bagian atas (kanan)

To be continued...

No comments:

Post a Comment