Sunday, April 3, 2016

Kisah Horor di Hari Minggu

Siapa sih yang ga mau kalau lagi berpergian dapat hotel bersih & bagus? Pasti semua jawabnya mau dong... Tapi justru saya mengalami pengalaman tidak terlupakan pas saya nginep di salah satu hotel yang bersih & bagus ini. Pengalaman ini saya alami pas saya dinas di Jakarta dalam rangka training dari kantor, di salah satu hotel bintang 3 di kawasan Jakarta Utara. Kebetulan ini dulu salah satu hotel langganan kantor karena fasilitasnya yang memadai dan lokasinya yang dekat dengan kantor pusat di Jakarta. Pertama kali check in saya ngerasa hotel ini enak banget. Kamar yang lumayan lega untuk ukuran standard, kamar mandi kering plus bathtub dimana saya bisa berendam air hangat, dan shower yang lumayan deras. Kamarnya juga ga gelap2 amat, masih dapat cahaya mataharilah kalau siang.

Pengalaman pertama saya alami di bulan Juli 2012 waktu saya baru sign kontrak dan masih dalam masa training & pengarahan di kantor pusat. Waktu itu saya bareng dengan sekitar 60-an karyawan trainee seangkatan saya. Selama kegiatan pengarahan dari kantor pusat / Head Office (HO) kami dapat fasilitas menginap di hotel tersebut yang diisi 2 orang di masing2 kamarnya. Karena jumlah kami lumayan banyak, akhirnya kami terbagi jadi 3 lantai, dengan masing2 lantainya penghuninya ya mayoritas dari geng kami juga. Saya dapat teman sekamar orang Logistik bernama Lia. Malam pertama kami semua masih hepi2 karena dapat fasilitas yang oke. Hotel ini bagus, bersih, kamar mandinya lengkap ada bathtub, dan sarapan / sahurnya juga enak (waktu itu lagi bulan puasa). Saya sendiri walaupun agak terganggu karena dapat tetangga yang ribut karena siang - malam kerjanya geser2 kursi dan meja, tapi overall saya hepi karena tiap pulang dari kantor saya bisa berendam air panas di bathtub. Buat saya berendam air panas di bathtub yang bersih adalah surga dunia pengusir stress. Malam kedua pas ngumpul sama teman2 seangkatan, banyak dari mereka yang mengeluhkan kamar sebelahnya ribut karena keseringan geser2 kursi dan meja. Loh, ko sama kaya saya ya keluhannya :\ .

Hari berikutnya makin heboh karena banyak yang mulai ngerasa aneh dengan hotel tempat kami menginap. Ada yang ngerasa diikutin di lorong tapi pas nengok ga ada siapa2 sampai kabur ke lobby sambil ninggalin barang2nya, ada yang nemuin darah di klosetnya padahal ga ada yang lagi haid, ngerasa ditindih pas tidur, dan tentu saja pengalaman yang ternyata hampir setiap kamar mengalami, kamar sebelah yang hobi geser2 meja dan kursi T__T . Dari sinilah mulailah kami mengurutkan siapa penghuni kamar sebelah kami. Ternyata kamar sebelah saya dihuni sama 2 temen cowo saya. Langsunglah saya, Lia, dan 2 teman cowo ini bengong karena sama2 denger suara geser2 dan sama2 ga ngerasa suka mindahin barang.

Saya yang awalnya positive thinking soal suara2 aneh ini, mulai ga tenang kalau sendirian di kamar. Jadinya setiap pulang dari kantor kami seangkatan lebih sering kumpul sampai malam banget. Kalau udah ngantuk baru kami balik ke kamar berharap langsung ketiduran. Setelah dipikir2 sebenernanya jadi mirip lingkaran setan sih, kami yang takut sama si penghuni gaib jadi lebih sering ngumpul dan bercanda sampai malam, si penghuni gaib mungkin semakin terganggu karena kami berisik dan malah semakin gangguin. Semakin kami diganggu, semakin kenceng juga bercandaannya, daaaann seterusnya...
Karena takut, setiap malam sebelum tidur saya selalu baca berbagai doa yang ada di kepala saya. Saya juga sempet browsing untuk cari doa2 penenang. Pokonya di hotel itu saya tiba2 jadi orang beriman yang selalu berdoa. Sialnya malam sebelum check-out saya sempet ngalamin mimpi buruk tentang Miss Kunti yang lagi duduk di samping ranjang saya. Akhirnya saya kebangun jam 3 subuh dan ga bisa tidur lagi sampai adzan Subuh.


Foto kamar hotel yang saya tempati, diambl dari website resminya

Tahun berikutnya saya yang udah penempatan Kalimantan dapat tawaran untuk training di Jakarta. Namanya langganan kantor, ya dapatnya hotel disitu lagi. Disini saya sekamar dengan section head dari site lain. Karena punya pengalaman menakutkan sebelumnya, pertama masuk kamar yang saya lakukan adalah berdoa berbagai macam doa sambil permisi2. Saya juga langsung men-cup kasur yang nempel ke tembok kamar mandi, jadi saya ga ter-expose dari dua sisi ranjang. Saya berusaha positive thinking kalau dulu kami "diganggu" gara2 jumlah kami yang terlalu banyak dan sering bercanda2. Disini kan trainingnya sama para supervisor dan section head senior, jadi pastilah mereka lebih dewasa dan kalem. Saya benar2 pengen berdamai dengan para penghuni kamar2, apalagi saya bakal nginap disini selama seminggu.
Beberapa hari pertama bisa saya lewati dengan sukses. Saya minum obat alergi yang bikin ngantuk, dan saya selalu berusaha tidur sebelum jam 10 malam. Apalagi teman sekamar saya ini yang modelnya gampang tidur, dan jam 9 malam udah mengendap di kasur sampai pagi. Hari keempat saya sial karena kebangun tengah malam kebelet kencing. Setelah kencing dan masuk kasur saya ga bisa langsung tidur lagi. Setelah beberapa lama saya ga denger suara geser2 meja atau kursi dari ruangan sebelah sih, tapi saya mulai ngerasa aneh karena AC di kamar suhunya naik turun sendiri, lengkap dengan suara "Beep"-nya, padahal remote pengatur suhunya tertempel manis di tembok dekat kamar mandi. Walaupun parno tapi saya berusaha positive thinking, mungkin AC-nya canggih jadi suhunya bisa menyesuaikan dengan otomatis. Untungnya makin mendekati subuh, AC canggih ini makin berkurang intensitas kecanggihannya, sayapun bisa tidur sampai pagi.

Hari kelima saya mulai gelisah karena persediaan obat alergi saya habis. Bukan apa2, saya ini tipe orang yang biasa tidur malam banget, sedangkan disini saya harus memaksakan diri tidur sebelum jam 10 malam demi keselamatan dan kesehatan mental. Tanpa bantuan obat yang bikin ngantuk, saya sukses masih melek sampai tengah malam. Teman sekamar saya sih udah tewas dibalik selimut dari jam 10 malam. Suara AC canggih yang udah bunyi Bap-Bip-Bap-Bip berkali2 akhirnya bikin saya kebal dan saya mulai ngantuk dan ketiduran. Sayangnya saya tidur ga lama, saya kebangun gara2 denger suara dari kamar mandi, apalagi kasur saya persis disebelah tembok kamar mandi. Duh, sial banget sih saya , kenapa juga saya jadi orang yang kalau tidur gampang kebangun, kenapa saya ga tidur pulas aja sampai pagi T^T
Saya mencoba konsentrasi untuk mengira2 suara apa yang saya dengar ini. Setelah nempelin telinga ke tembok dan mencerna suara yang saya dengar, saya mulai ngeh kalau itu adalah suara shower!! Saya masih ga percaya kalau itu suara shower, apalagi teman sekamar saya masih pulas di kasurnya. Kalau hantu... Masa iya hantu numpang mandi tengah malam, apa ga rematik nantinya :| . Entah kesamber apa, saya malah ngecek ke depan pintu kamar mandi, apalagi pintunya yang model ada ventilasi di bagian bawahnya, jadi suara dari dalam kamar mandi bisa kedengeran sampai kamar. Saya langsung merinding setelah mengkonfirmasi suara shower yang cukup jelas itu. Untungnya akal sehat saya balik lagi ke kepala, saya langsung nyalain lampu2 dan loncat ke kasur, ngebungkus diri pakai selimut sambil komat kamit baca doa. Bisa jadi doa dalam semalam di hotel ini lebih banyak daripada doa sebulan di rumah. Menjelang subuh suara2 itu langsung hilang begitu saja, dan saya bisa ketiduran sampai pagi.


Foto kamar mandi hotel, diambil dari website resminya

Hari keenam teman sekamar saya check-out duluan. Sejak pagi saya mulai galau mikirin nasib saya malam nanti sendirian di kamar hotel keramat ini. Akhirnya daripada stress, saya memutuskan untuk menghubungi sepupu saya yang di Jakarta untuk menginap di rumahnya aja. Kamar hotel saya kasih ke cowo2 kantor yang penempatan Jakarta. Mereka yang biasa ngekos pasti berasa di surga bisa menginap semalam di hotel ini. Untungnya juga, tahun berikutnya langganan kantor pindah ke hotel Best Western yang katanya lebih ramah. Saya juga sempat browsing untuk cari tau apa emang hotel ini spooky. Emang ada satu - dua cerita soal suara geser2 barang di hotel ini, tapi mayoritas adalah review yang positif tentang kebersihan dan interiornya yang bagus. Diluar pengalaman horornya, menurut saya hotel ini emang enak, bersih, kamar & kamar mandi cukup luas dibandingkan hotel budget, dan harganya yang terjangkau (walaupun buat saya ga ngaruh karena dibayarin kantor). Bisa jadi saya emang lagi apes aja setiap menginap disini. Bisa jadi juga saya yang emang penakut akhirnya malah jadi terlalu parno. Bisa jadi...

3 comments:

  1. kalau soal geser geser tempat tidur dan lain lain itu emang sering banget :|
    Aku juga mau di mess kantor, hotel yang kyk gimana bagusnya juga suka kedengeran. Tapi cuek ajalah.
    yang paling bikin merinding soal mimpi kamu itu Ti!! Itu ngeri banget!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya, kalau di hotel lain saya malah ga ngeh loh suara geser2. Kalopun ada ga seekstrim di hotel ini.
      Tapi setuju ra, mimpi itu emang ngeri banget, apalagi di mimpinya posisi saya persis aslinya T^T

      Delete